Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza pada PT. Hadji Kalla Cabang Mamuju

  • Yusran Fajar Panca Putra sekolah tinggi ilmu ekonomi muhammadiyah mamuju

Abstract

peneliti sangat tertarik dengan adanya perbedaan pendapat diantara para ahli berakaitan tentang  Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian Toyota Avanza pada PT. Hadji kalla Cabang Mamuju. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor produk, harga, promosi dan brand image memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian Toyota Avanza pada PT. Hadji Kalla Cabang Mamuju. Data yang digunakan adalah data primer dan data skunder. populasi yang sangat besar dengan aktivitas responden yang tinggi yaitu masyarakat yang membeli mobil Toyota Avanza di PT. Hadji Kalla Cabang Mamuju, maka sangat tepat untuk menggunakan accidental sampling atau penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan dijumpai peneliti dapat digunakan sebagai sampel, maka sampel dari penelitian ini sebanyak 60 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif dan regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS Versi 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara simultan maupun secara parsial variabel produk, harga, promosi dan brand image memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian. Variabel brand image memberikan pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian.

Kata kunci :         produk, harga, promosi, brand image dan keputusan pembelian

References

DAFTAR PUSTAKA

Anggraini, Amelia. 2009. “Usulan Perumusan Strategi Perusahaan dengan Analisis SWOT: Studi Kasus PT. Saung Angklung Udjo Bandung”. Tesis Magister Manajemen. Universitas Padjajaran.

Anomim. 2002. Guidebook For Developing Your Activity’s Marketing Plan.
Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta; Rineka Cipta
Borza dan Bordean. 2008. “Implementation of SWOT Analysis in Romanian Hotel Industry”. An Enterprise Odyssey, International Conference Proceedings. P.1623.
Bozac, Marli Gonan dan Darko Tipuric. 2006. Top Management‟s Attitude – Based SWOT Analysis in the Croatian Hotel Industry. Journal Ekonomi Pregled, 57 (7-8) p. 429-474.
Bryson, John M. 2007. Perencanaan Strategis bagi Organisasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chandrawati, Ayu. 2010. Rumusan Strategi Bisnis Pada Hotel Ratu (Ex.Queen Hotel) di Kota Denpasar. Tesis Magister Manajemen. Universitas Udayana.
David, Fred R.2006. Strategic Management: Concepts and Cases.10th Edition. (Manajemen Strategis: Konsep-Konsep dan Kasus). Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta : Salemba Empat.
Dewi, I G. A. A. T. 2004, Formulasi Strategi Maya Ubud Resort and Spa. Tesis Magister Manajemen. Universitas Udayana.
Duartha. 2008. Formulasi Strategi Pemasaran Hotel-Hotel Melati Di Kawasan Wisata Ubud. Tesis Magister Manajemen. Universitas Udayana.
Dube, Laurette dan Leo M.Renaghan. 2000. Marketing Your Hotel to and Through Intermediaries: An Overlook Best Practice. Cornell Hotel and Restaurant Quarterly. P 73-83. USA: Cornell University.
Handoko, Hani. 2003. Manajemen Edisi 2. Yogyakarta : anggota IKAPI.
Jennings, Gayle. 2001. Tourism Research. Queensland: John Wiley and Sons Australia.Ltd.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas Jilid I . Jakarta : Erlangga.
Kotler & Armstrong. 2006. Prinsip-prinsip Pemasaran jilid 1 edisi 12. Jakarta : Erlangga
Lamb,Jr Charles W., Crittenden, Victoria L., Cravens, David W.2002. Strategic Marketing Management Cases 7th Edition. New York : McGraw-Hill Companies.
Malhotra. 2009. Riset Pemasaran:Pendekatan Terapan. Jilid I edisi keempat. Indonesia: PT. Macanan Jaya Cemerlang.
Mahadewi, Eka. 2004. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Wisatawan Konvensi terhadap Bali sebagai Destinasi MICE. Tesis Magister Manajemen. Universitas Udayana.
Morrison, Alison J. 2002. Marketing Strategic Alliances: The Small Hotel Firm. International Journal of Contemporary Hospitality Management. Vol 6:3. USA: MCB University Limited.
Morrison. 2002. Hospitality and Travel Marketing. Third Edition. Australia: Delmar. Thompson Learning.

Peters, Jan Hendrik dan Ameijde, Lenny Van. 2003. Hospitality In Motion. State of the Art in Service Management. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.
Pradnyaputra, A.A NGR. Dwidharma. 2005. Formulasi Strategi Korporat Pada Three Brothers Bungalows di Legian-Kuta. Tesis Magister Manajemen. Universitas Udayana.
Prasetya, Dicky Imam. 2002. Lingkungan Eksternal, Faktor Internal, dan Orientasi Pasar Pengaruhnya terhadap kinerja Pemasaran. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. 1, No. 3, p. 219-240.
Reid, D dan Bojanic, C. 2006. Marketing for Hospitality and Tourism. Second Edition. Prentice Hall International, Inc.
Stemersch,Stefan dan Gerald J.Tellis. 2002. Strategic Bundling of Products and Prices: A New Synthesis for Marketing. Journal of Marketing.Vol 66.p55- 72.
Sudana. 2005. “Strategi Pemasaran Industri Cafe-Cafe Di Sentra Pariwisata Pantai Kedonganan Kabupaten Badung”. Tesis Magister Manajemen. Universitas Udayana.
Susilowati. 2002. “Strategi Pemasaran Yang Tepat Diterapkan Oleh Hotel Phoenix Yogyakarta”. Tesis Magister Manajemen. Universitas Udayana.
Triyuni, Ni Nyoman. 2005. Formulasi Strategi Bauran Pemasaran Wisata MICE Pada Inna Grand Bali Beach. Tesis Magister Manajemen. Universitas Udayana.
Wesnawati. 2002. Strategi Pemasaran Pada TVRI Denpasar Berdasarkan Analisis SWOT. Tesis Magister Manajemen. Universitas Udayana.
Yu, Larry dan Gu Humin. 2005. Hotel Reform in China: A SWOT Analysis. The Journal of Hotel and Restaurant Administration Quarterly. Vol. 46, no. 2. P 153-169. USA: Cornell University.
Tim Penyusun Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi UMI. 2015. Makassar
Published
2019-12-11