PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS, PRIBADI, SOSIAL DAN BUDAYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION SECARAONLINE (Studi Kasus Pada Konsumen PT. Lazada Indonesia di Kota Makassar)

  • Andi Muhammad Irwan SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MAKASSAR MAJU

Abstract

Lazada merupakan situs belanja online terbaik untuk kategori business to consumer (B2C) berdasarkan Top of Mind konsumen, kepercayan, kepuasan yang didapatkan serta merupakan situs yang direkomendasikan oleh konsumen. Salah satu produk yang banyak diminati adalah produk Fashion. Keadaan ini merupakan bukti pergeseran perilaku pembelian konsumen yang sebelumnya pembelian hanya dilakukan pada gerai, toko dan mall secara langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menguji dan menganalisis pengaruh faktor psikologis,faktor pribadi, faktor sosial dan faktor budaya secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian produk fashion secara Online (studi kasus pada konsumen PT. Lazada Indonesia di Kota Makassar). Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah warga kota Makassar yang pernah melakukan pembelian produk fashion di situs www.Lazada.co.id lebih dari sekali dengan jumlah sampel sebanyak 110 responden yang di peroleh dengan menggunakan purposive sampling dan angket online sebagai metode pengumpulan data. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial dan simultan faktor psikologis, pribadi, sosial dan budaya berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian

References

Ahmadi. Candra, Hermawan. Dadang. 2013. E-Business &E-Commerce.Yogyakarta: Andi
Assael, Henry. 1992. Consumer Behavior & Marketing Action, Fourth Edition, PWS-KENT, Publishing Company
Basu, Swastha DH., Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Cetakan Ke-tigabelas, Yogyakarta: Liberty Offset
Basu Swastha, Hani Handoko. 2011. Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku. Konsumen. Yogyakarta : BPFE
Bilson Simamora, 2003, Membongkar Kotak Hitam Konsumen , Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.
Dawson, S., & Kim, M. (2009). External and internal trigger cues of impulse buying online. Direct Marketing: An International Journal, 3(1), 20–34. https://doi.org/10.1108/17505930910945714
Effendy, Onong Uchjana. Ilmu, Teori dan Filisafat Komunikasi. Cet. Ke-3. Citra Aditya Bakti: Bandung. 2003
Engel, J.F, Roger D.B, dan Paul W.M.1994, Perilaku Konsumen, Jilid 1dan 2,Jakarta : Binarupa Aksara.
Fadhil, R. M., Zainul, A., & Kadarisman, H. (2016). KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL MEREK DAIHATSU ( Studi Pada Konsumen Kendaraan Daihatsu Di PT . Jolo Abadi Authorized Daihatsu Dealer Malang ), 39(2), 105–111.
Halim, Abdul. 2010. Akuntansi Daerah Sektor Publik.Jakarta: Salemba 4.
Husein.Umar.2008.MetodePenelitianUntukSkripsiDanTesisBisnis.Jakarta.PTRajagrafindoPersada
Husein. Umar. 2003. Metodologi Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis.Jakarta: PT.GramediaPustaka
Ilmiah, J., Volume, E., Apriyani, M., & Saty, M. (2013). ISSN No . 1978-6034 The influence of Internal Factors of Consumers towards Buying Decision of Organic Vegetables Pengaruh Faktor Internal Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sayuran Organik,7(3).
Kadir. A.R.,2012. Manajemen Pemasaran Jasa Pendekatan Integratif antara Teori dan implementasi.PT Penerbit IPB Press
Kapoor, A., & Kulshrestha, C. (2009). Consumers’ perceptions: an analytical study of influence of consumer emotions and response. Direct Marketing: An International Journal, 3(3), 186–202. https://doi.org/10.1108/17505930910985134
Kartikasari, D., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2012). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian, 1–8.
Kerin, Hartley, Rudelius. 2013. Marketing The Core. Fifth Edition.McGraw-Hill Irwin
Kotler, Phillip. 2007. Marketing - an Introduction. New jersey: Prentice Hall.
Kotler Philip. 2005, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2009. Manajemen Pemasaran,Edisi 12 dan 13 Jilid 1 dan 2, Jakarta :PT. Indeks Indonesia.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2012, Principles of marketing. New Jersey:Person Education.
Lin, C., & Lekhawipat, W. (2014). Factors affecting online repurchase intention. Industrial Management & Data Systems, 114(4), 597–611. https://doi.org/10.1108/IMDS-10-2013-0432
Lamb, Hair dan Mc Daniel,C.2001, Pemasaran Buku 1 Edisi pertama, Jakarta ; Salemba 4
Laohapensang, O. (2009). Factors influencing internet shopping behaviour: a survey of consumers in Thailand. Journal of Fashion Marketing and Management: An International Journal, 13(4), 501–513. https://doi.org/10.1108/13612020910991367
Lim, Y. J., Osman, A., Salahuddin, S. N., Romle, A. R., & Abdullah, S. (2016). Factors Influencing Online Shopping Behavior: The Mediating Role of Purchase Intention. Procedia Economics and Finance, 35(October 2015), 401–410. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(16)00050-2
Malhotra. 2005. Riset Pemasaran. Jilid I. Edisi 4. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.
Mangkunegara, Anwar P.2002, Perilaku Konsumen Edisi Revisi, Bandung, PT. Refika Aditama.
Schiffman, Leon G. and Kanuk,Leislie Lazar, 2008 Perilaku Konsumen, edisi ketujuh.PT.Indeks Indonesia
Setiadi, Nugroho. 2003. Perilaku Konsumen. Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Jakarta. PT.Prenada Media
Stanton, William, (1996), Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid Kedua, Edisi Ketujuh, Erlangga : Jakarta.
Sugiono,2012. Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Research and Development, Alfabeta Indonesia
Suprayitno, A., Siti R., R. P. (2015). Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Gado-gado Boplo ( Studi Kasus : Restoran Gado-Gado Boplo Panglima Polim Jakarta Selatan ). Jurnal Agribisnis,9(2), 177–214.
Supriyono (2015). Pengaruh faktor budaya, sosial, individu dan psikologis terhadap keputusan konsumen membeli di indomaret, Kelola Vol.2(3),edisi september 2015, 43–60.
Tjahjono, Semuel, Karina & Brahmana(2013). Analisa marketing mix, lingkungan sosial, Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pakaian Wanita. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 1,No.2, (2013) 1-9
Uma Sekaran, 2003. Research Methods For Business, A Skill Building Approach, Fourth Edition,Souther Illionis : Jhon Wiley & Sons, Inc.
Wilkie, William. 1986., Consumer Behavior. New York : John Wiley and Sons, Inc
Website :Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia, 2016. Infografis Penentrasi Pengguna Internet Indonesia .APJII.2016
http://www.specommerce.com/Indonesias-Ecommerce-Landscape-2014/ tanggal 5-1-2018.
Internet World Stats - www.internetworldstats.com/stats.htm. Internet user in the world by regions 30 june 2017. Miniwatts Marketing Group.
https://bisnis.tempo.co/read/1036135/pola-belanja-berubah-retail-ekspansi-ke-daerah
Published
2019-12-11