ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI TAMBAK UDANG DI KECAMATAN TOPOYO KABUPATEN MAMUJU TENGAH

  • anshar musman Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Mamuju

Abstract

Produktivitas tambak udang merupakan faktor penting, banyak faktor menentukan produktivitas dalam membudidayakan tambak udang, misalnya memiliki lebih banyak bibit udang, mengetahui teknik-teknik budi daya tambak udang yang benar dan baik. Untuk meningkatkan pendapatan petani tambak udang di Kecamatan Topoyo Kabupaten Mamuju Tengah perlu memperhatikan faktor teknologi, tenaga kerja dan modal kerja. Dalam penelitian yang telah dilakukan hasil uji regresi linear berganda secara parsial menunjukkan bahwa faktor teknologi dengan nilai signifikan sebesar 0,023, faktor tenaga kerja dengan nilai signifikan sebesar 0,000 dan faktor modal kerja dengan nilai signifikan sebesar 0,006 dan uji regresi linear berganda secara simultan dengan nilai Fhitung 84,215 dengan tingkat signifikan 0,000, dengan demikian dalam penelitian ini hipotesis penelitian diterima.

References

Adkisson J., Ronald. 2005. Financing Accout Receivable for Retirement and Asset Protection. United States: I Universe

Badan Pusat Statistik (BPS). 2011. Kecamatan Taman Dalam Angka. Semarang: BPS.

Cornelis. R. (1994). Perekonomian Indonesia. Penerbit Liberti. Yogyakarta.

Dahuri,R. 2003. Keanekaragaman Hayati Laut, Aset Pembangunan Berkelanjutan. Indonesia. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Eko Sugiharto, 2006. Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Nelayan Desa Benua Baru. Ilir berdasarkan Indikator Badan Pusat Statistik. Skripsi. Samarainda. Unmul.

Jhingan, M.L. (1983). Ekonomi Pembangunan Dan Perencanaan, Edisi. Keenambelas.

Mankiw, N. Gregory. 2003. Teori Makro Ekonomi Terjemahan, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Mubyarto, 1998, Pengantar Ekonomi Pertanian, Edisi III, LP3ES, Jakarta.

Prathama Rahardja dan Mandala Manurung, 2001, Teori Ekonomi Makro, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta

Robbins. 2003. Perilaku organisasi. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia

Samuelson & Nordhaus.(1993). Perekonomian Indonesia, edisi 2, Erlangga. Jakarta. (Jimmi Sadely)

Satria. (2002). Karakteristik Nelayan Indonesia. www.google.com. kusdiantoro.blogspot.com/.../pilpres-dan-nasib-nel. Diakses tanggal 12 mei 2016.

Soekartawi, (2002). Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. Jakarta, Raja Grafindo Persada

Sukirno, 2005. Mikro ekonomi, edisi ke tiga,Jakarta Grafindo Persada Soeroto. 1986. Strategi Pembangunan dan Perencanaan Tenaga

Published
2019-03-02