Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Rumah Makan

  • Suharlina Suharlina Universitas Muhammadiyah Mamuju

Abstract

The aim of this study is to determine the effect of service quality, price and location on purchasing decisions at Berkah Restaurant, Sampaga District, Mamuju Regency and to determine the effect of service quality, price and location simultaneously on purchasing decisions at Berkah Restaurant, Sampaga District. Mamuju Regency. The types used are quantitative and qualitative data and the data sources are primary and secondary data. The results of the calculation of the Cochran formula show that the number of samples in this study were 96 respondents. Data analysis methods namely Validity Test, Reliability Test, Multiple Linear Regression. Based on the results of the analysis tests carried out, the results obtained show that service quality, price, and location have a partially significant effect on purchasing decisions at the Berkah Restaurant, Sampaga District, Mamuju Regency and for service quality, price, and location have a simultaneous and significant effect on decisions purchase at the Berkah Restaurant, Sampaga District, Mamuju Regency.

References

Bagus, I, dan Ulfan. (2022). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Ritel Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Konsumen Mirota Kampus Di Yogyakarta). Journal of Business and Management, 5(1), 1-18.

Cahyadi, I, W dan Telagawathi, N, W, L, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Kain Endek Di Kabupaten Buleleng. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(2), 172-177.

Clinton, F, P, Mananeke, L dan Taroreh, R, N. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Indomaret Manado Unit Jalan Sea, jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3068 – 3077.

Daga, D. (2017). Citra Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan. Makassar: Gobal Research and Consulting Institute.

Esha, D. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Roti Bakar 88 Kutabumi Tangerang. Jurnal Manajemen Bisnis, 11(1), 17-28.

Febrian, D, Sutardjo, A, dan Yulistia. (2022). Analisis Harga, Promosi, Fasilitas Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pemilihan Belanja Online (Studi Kasus Di Lazada Express Padang). Jurnal Matua,4(1) 169-184.

Haryanto, E. (2017). Kualitas Layanan, Fasilitas Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Layanan Pada Kantor Samsat Manado, jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 750-760.

Hidayah, H. (2019). Pengaruh Harga, Fasilitas, Pelayanan, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Di Kabupaten Bulukumba. 1-78.

Indahsari, L, N, dan Roni, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Kedai Kopi BE Kalirejo. Jurnal Bisnis Islam dan Perbankan Syariah, 1(1), 51-60.

Irawan, H. (2004). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Cetakan Kelima. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Kasinem. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(4), 39-339.

Kurniawan, D, D, dan Soliha, E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan pada My Kopi O Semarang. Journal Of Management, 5(1), 348 – 358.

Leonita Elisabeth Massa, Altje L. Tumbel, dan Rotinsulu Jopie Jorie. (2022). Analisis Perbandingan Kualitas Pelayanan Pada Minimarket Indomaret Dan Alfamart Di Wilayah Maumbi Minahasa Utara. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(1), 49 – 58.

Luntungan, W, G, A, dan Hendra Tawas, N. (2019). Strategi Pemasaran Bambuden Boulevard Manado: Analisis Swot, Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4), 5495-5504.

Mardo. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa. Yogyakarta: deepublish.

Mukhlis, MA. (2019). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Pengiriman J & T di Muara Bulian. Journal of Economics and Business, 3(1), 1-9.

Nurpratama, M, dan Yudianto, A. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pada Pegawai Kpu Kabupaten Indramayu. Jurnal Investasi, 8(1),36-46.

________. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

________. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV T.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sulastri, S, Surahman, B, dan Erna, E. (2022). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Pasar Paya Ilang Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Ilmu-Ilmu Manajemen, 4(1), 49-58.

Umboh, M Dan Tommy, P. (2016). Pengaruh Harga Tempat Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Pasar Tradisional Airmadidi. Jurnal Berkala Efisiensi, 16(04), 91-98.

Tjiptono, F. (2014). Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wijaya, A, Simarmata, H, M, P, Chandra, E, Fahr, M, I, dan Sisca. (2021). Pengaruh Fasilitas Terhadap Minat Beli Konsumen Dengan Word Of Mouth Sebagai Pemediasi Pada Publik Kopi Pematangsiantar. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 9(2), 175-184.

Warere, O, P, Y dan Mandagie. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Kartu Indosat Ooredoo Di Desa Kaneyan Kecamatan Tareran. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(1), 1014-1022.

Satrio, B. (2015). Pengaruh Produk, Harga, Saluran Distribusi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Avanza. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 4(9), 1-8.

Sondak, C, Tumbel, A, L, dan Lintong, D, C, A. (2021). Analisis Pengaruh Promosi Penjualan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Pt. Indogrosir Manado. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(2), 754-764.

Suwito, J. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada CV Global AC Banjarbaru. Jurnal Kumpulan Informasi dan Artikel Manajemen dan Akuntansi. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Pancasetia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia Banjarmasin,14(3), 255-262.

Published
2023-06-19