Pengaruh Faktor Kemudahan, Keamanan, dan Resiko Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking (Studi Kasus Pada Nasabah BRI Kabupaten Mamuju)
Kata Kunci:
Convenience Factor, Safety Factor, Risk Factor, Customer SatisfactionAbstrak
Mobile banking merupakan fasilitas yang disediakan oleh bank dalam bentuk aplikasi yang dapat diakses nasabah dengan memanfaatkan jaringan internet dalam melakukan berbagai kegiatan transaksinya seperti cek saldo, transfer, dan membayar berbagai iuran atau tagihan rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh faktor kemudahan, keamanan, dan resiko terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan mobile banking. Variabel yang digunakan dalam penelitian in yaitu faktor kemudahan (X1), faktor keamanan (X2), faktor resiko (X3), dan kepuasan nasabah (Y). Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode accidental sampling dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 40 responden nasabah Bank Rakyat Indonesia Kabupaten Mamuju. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda untuk mengukur pengaruh secara parsial dan simultan. Hasil yang didapatkan menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara faktor kemudahan dan faktor keamanan terhadap kepuasan nasabah, dan pengaruh yang negatif dan tidak signifikan antara faktor resiko terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan mobile banking.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen