Pengaruh Penerapan Collaboration Tools: Office365 Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai KPKNL Jember
Kata Kunci:
Implementation of collaboration tools, Office 365, Work productivityAbstrak
Perubahan cara kerja baru dalam semua sektor pekerjaan, menjadi hal yang sangat krusial. Sektor pemerintah pun tidak luput dari arus perubahan yang kian modern dan cepat. Perubahan ini tentu membawa dampak signifikan, tidak hanya bagi proses bisnis, namun juga adaptasi sumber daya manusia dalam menghadapinya. Fleksibilitas working space yang diterapkan oleh Kementerian Keuangan merupakan salah satu jawaban dalam menghadapi tantangan cara kerja baru. Tidak berhenti pada Fleksibilitas working space saja, kini Kementerian Keuangan meningkatkan kemudahan dalam bekerja dimana saja melalui collaboration tools: Office 365. KPKNL Jember sebagai salah satu unit vertikal Kementerian Keuangan turut serta dalam penggunaan collaboration tools ini. Adapun tujuan penggunaan tools ini adalah untuk meningkatkan produktivitas kerja bagi para pegawai untuk bekerja secara fleksibel dari sisi lokasi dan waktu serta tidak membuat ketergantungan dengan keberadaan dokumen maupun media penyimpanan fisik. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dalam penerapan collaboration tools: Office 365 terhadap produktivitas kerja pegawai KPKNL Jember khususnya bagi pegawai yang moving untuk urusan kedinasan, tools ini memudahkan untuk melakukan hybrid work yang tidak terpaku pada hubungan kerja tatap muka serta mendukung keseimbangan peran pegawai dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi.
Referensi
Artikel dalam Jurnal Publikasi
Agha, K., Azmi, F. T., & Irfan, A. (2017). Work-Life Balance and Job Satisfaction: An Empirical study Focusing on Higher Education Teachers in Oman, International Journal of Social Science and Humanity, 7(3), 164–171. https://doi.org/10.18178/ijssh.2017.v7.813
Andriyana, Ahmad Saoki. Supriansyah. (2021). Konsep Work Life Balance Terhadap Produktivitas Pegawai yang Menerapkan Work from Home Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Literatur), Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia Jenius. 5(1), 1-11. http://dx.doi.org/10.32493/JJSDM.v5i1.13138
Candra Wijaya, Ojak Manurung. (2021). Produktivitas Kerja: Analisis Faktor Budaya Organisasi, Kepemimpinan Spiritual, Sikap Kerja, dan Motivasi Kerja untuk Hasil Kerja Optimal. Jakarta: Penerbit Kencana
Ma’rifah, Diana. (2020). Implementasi Work from Home: Kajian tentang Dampak Positif, Dampak Negatif dan Produktivitas Pegawai. Civil Service. Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS, 14(2), 53–64
Mea, Maria Helena Carolinda Dua. (2020). Pengaruh WFH terhadap Work-Life Balance Pekerja Perempuan di Kota Ende, Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratuangi, 7(2), 247–258. https://doi.org/10.35794/jmbi.v7i2.30266
Simarmata, Ricardo Manarinar. (2020). Pengaruh Work from Home terhadap Produktivitas Dosen Politeknik Negeri Ambon. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(1), 73-82. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/265
Buku
Muhamad Fatoni, Binti Nur Asiyah, Chusnul Chotimah, dkk. (2020). Work From Home: Produktivitas kerja selama di rumah. Tulungagung: IAIN Tulungagung Press
Republik Indonesia. 2019. Keputusan Menteri Keuangan Nomor 302/KMK.01/2019 tentang Implementasi Inisiatif Strategis Program Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan. Jakarta: Kementerian Keuangan.
Republik Indonesia. 2020. Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 223/KMK.01/2020 tentang Implementasi Fleksibilitas Tempat Kerja (Flexible Working Space) di Lingkungan Kementerian Keuangan. Jakarta: Kementerian Keuangan.
Sawitri & Kanya I. (2021). Implementasi Office 365 Sebagai Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi COVID 19 di SMK Muhammadiyah Sukoharjo. Jurnal Pendidikan, 30(1), 60 – 72.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen