Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Toko Rafli Desa Tarailu Kabupaten Mamuju

Penulis

  • Irdha Yanti Musyawarah Universitas Muhammadiyah Mamuju

Kata Kunci:

strategi pemasaran, peningkatan penjualan

Abstrak

Toko Rafli Desa Tarailu menawarkan produk assesoris dengan bermacam-macam produk, seperti perhiasan (anting-anting atau giwang, kalung, gelang, bros), selendang, sabuk, suspender, dasi, syal, sarung tangan, sapu tangan, tas, topi, kacamata, ikat pinggan, jam tangan dan pin, selain assesoris Toko Rafli Desa Tarailu juga menawarkan produk permainan anak usia tiga hingga enam tahun seperti puzzle gambar, lego, rubik, boneka, alat tulis, alat musik dan banyak lagi jenis dan macam permainan anak yang konsumen  bisa  dapatkan pada  Toko  Rafli Desa Tarailu di Kabupaten Mamuju.

Metode yang digunakan adalah Metode kualitatif dengan cara melakukan wawancara langsung di tempat penelitian. Adapun beberapa alternatif analisis data yang dapat dipergunakan yaitu antara lain: deskriptif kualitatif, deskriptif komparatif, kualitatif atau non hipotesis. Adapun proses penyusunan perencanaan strategis yaitu 1) tahap pengumpulan data (evaluasi faktor internal dan eksternal), Tahap analisis (Matriks SWOT, Matrik Internal Eksternal), dan Matriks Internal dan Eksternal.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1) Toko Rafli di Desa Tarailu Kabupaten Mamuju memiliki peluang dalam meningkatkan omzet dengan memaksimalkan penjualan, Toko Rafli di Desa   Tarailu   Kabupaten   Mamuju   dapat   bekerja   sama   dengan perusahaan distributor dalam menambah varian produk permainan anak dan aksesoris lainnya, Toko Rafli di Desa Tarailu Kabupaten Mamuju diharapkan   dapat   meningkatkan   pelayanan   dengan   memberikan jaminan   barang   kembali   jika   terdapat   kerusakan   produk   yang sumbernya dari kesalahan toko. 2) Toko Rafli di Desa Tarailu Kabupaten Mamuju masih memiliki ancaman dalam meningkatkan penjualan produk permainan anak dan aksesoris, sebab tidak ada jaminan tidak terdapat pesaing yang melakukan penjualan  produk  yang  sama  dikemudian  hari,  Toko  Rafli  di  Desa Tarailu Kabupaten  Mamuju  diharapkan  dapat  jumlah  karyawan  yang masih sedikit dimana hanya berjumlah dua orang dalam memberikan pelayanan penjualan pada konsumen, sedangkan hambatan yang masih dialami Toko Rafli di Desa Tarailu  Kabupaten Mamuju berada pada keterlambatan dalam pendistribusian mitra kerja dalam melakukan pemenuhan barang yang stocknya yelah habis terjual pada Toko Rafli di Desa Tarailu Kabupaten Mamuju.

Kata Kunci : strategi pemasaran,  dan peningkatan penjualan

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-27