Hubungan Antara Pembuatan Keputusan Konsumen Dengan Kesetiaan Merek
Kata Kunci:
shopping orientation, purchase criteria, self-image, brand loyaltyAbstrak
Sejumlah literatur dan hasil riset empiris telah menjelaskan bahwa Kesetiaan merek adalah keputusan sadar atau tidak sadar konsumen yang dinyatakan melalui perilaku atau niat untuk membeli kembali suatu merek secara terus menerus, itu terjadi karena konsumen merasa bahwa merek menawarkan keistimewaan produk yang sebenarnya, image, atau tingkat kualitas pada harga yang sebenarnya. Tulisan ini bertujuan mengeksplorasi kerangka-kerangka teoritis dan empiris tentang pengaruh orientasi belanja, kriteria pembelian dan Citra diri terhadap kesetiaan merek. Model penelitian yang akan digunakan merupakan replikasi model yang dikembangkan oleh. oleh Oh. J dan Fiorito. S.S (2002) yang berjudul “Korea woman’s Clothing Brand loyality”. Model yang dihasilkan mengidentifikasikan 3 variabel independen yaitu: orientasi belanja, kriteria pembelian dan Citra diri dan 1 variabel dependen yaitu: kesetiaan merek. Model dianalisis menggunakan metode regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa regresi berganda dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kesetiaan merek. Berdasarkan sampel sebanyak 100 responden dari 4 hipotesis menunjukkan bahwa variabel orientasi belanja, kriteria pembelian dan Citra diri berpengaruh positif terhadap kesetiaan merek
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen