KUALITAS PELAYANAN KELUHAN PELANGGAN DI PT PLN (PERSERO) ULP HASANUDDIN

KUALITAS PELAYANAN KELUHAN PELANGGAN DI PT PLN (PERSERO) ULP HASANUDDIN

Penulis

  • Armiana Armiana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yapi Bone
  • Marniati Marniati Syam Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yapi Bone
  • Mursakin Mursakin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yapi Bone3

Kata Kunci:

tangibles, reliability, esponsiveness

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang bagaimana kualitas pelayanan keluhan pelanggan yang dilihat dari tangibles (bukti fisik), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (empati). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif, jenis data adalah data primer dan data sekunder. sedangkan informan penelitian ini adalah manajer, Costumer Service, bagian pengelola data dan informasi serta pelanggan PT PLN ULP Hasanuddin. Sementara pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan keluhan pelanggan di PT PLN (Persero) ULP Hasanuddin adalah dari indikator tangibles (bukti fisik) sudah cukup memuaskan, reliability (keandalan) belum maksimal karena tidak sesuai dengan waktu yang dijanjikan PT PLN dalam mengatasi keluhan dari pelanggan, responsiveness (daya tanggap) dalam pemberian pelayanan tidak melayani secara cepat kebutuhan pelanggan jadi pelanggan merasa bahwa petugasP T PLN lambat dalam menangani keluhan, assurance (jaminan) belum dikategorikan baik karena adanya keluhan dari pelanggan yang menganggap petugas pilih kasih dengan pelanggan yang dikenalnya, dan empathy (empati) dalam indikator ini tentang komunikasi dan informasi pelayanan sudah memenuhi keinginan pelanggan.

 

Referensi

Albrecht, dan Zemke. 2015. Manajemen Pelayanan Publik cetakan pertama.Bandung: Pustaka Setia.

Atmawati, Rustika dan Wahyuddin, M. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Matahari Departement Store Di Solo Grand Mall. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, Vol. 5, No. 1, 2004, Hal:54.

Batinggi, Achmad dan Badu Ahmad. 2013. Manajemen Pelayanan Publik.Yogyakarta: ANDI.

Batingg 2003. Manajemen Pelayanan Publik. Yogyakarta: ANDI.

Dwiyanto, Agus . 2011. Manajemen Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gadjah MadaUniversity Press.

Gaspersz, Vincent. 2015. Manajemen Pelayanan Publik cetakan pertama.Bandung: Pustaka Setia.

Kotler, Philip. 2003. Manajemen Pemasaran edisi kesebelas. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Lukman, Sampala. 2008. Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: STIA LAN Press.

Moenir. 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. jakarta: bumi aksara.

Morgan, dan Murgatroyd. 2015. Manajemen Pelayanan Publik cetakan pertama.Bandung: Pustaka Setia.

Modul. 2004. Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Jakarta: LAN RI.

Mowen, John, dan Minor,M. 2002. Perilaku Konsumen jilid 1 Edisi kelima (terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Napitulu, Paiman. 2007. Pelayanan Publik & Customer Satisfaction. Bandung: PT Alumni

Pasolog, Harbani. 20008. Teori Administrasi Publik. Bandung: CV Alfabeta.

Ratminto, dan Atik Septi Winarsih. 2012. Manajemen Pelayanan. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2008. stategi pemasaran. yogyakarta: ANDI.

Tjiptono 2004. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.

Diterbitkan

2024-07-09