FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN BAHAN BANGUNAN PADA TOKO DELTA DI KABUPATEN MAMUJU

Penulis

  • Selvi Juniarni Universitas Muhammadiyah Mamuju
  • Ratna Ratna Universitas Muhammadiyah Mamuju

Kata Kunci:

Perilaku Konsumen,, Pembelian.

Abstrak

Penelitian ini mengambil judul faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian bahan bangunan pada toko delta  di Kabupaten Mamuju. Adapun yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui budaya, sosial, pribadi dan psikologi secara parsial mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian bahan bangunan pada toko delta di Kabupaten Mamuju serta mengetahui pengaruh perilaku konsumen dan psikologis kosumen secara simultan terhadap keputusan pembelian bahan bangunan. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa budaya berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam melakukan pembelian bahan bangunan dan secara simultan menunjukkan budaya sosial,.pribadi dan psikologis mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian bahan bangunan pada toko delta di Kabupaten Mamuju Serta memberikan solusi untuk mengembangkan usaha dalam meningkatkan penjualan pada toko delta Kabupaten Mamuju maka perilaku konsumen pada aspek budaya seperti memperhatikan kebiasaan konsumen dalam melakukan pembelian karena dari tanggapan responden budaya yang mendapatkan rata-rata dominan kecil dibandingkan dengan unsur perilaku konsumen lainnya dan perilaku konsumen tidak mudah untuk dipahami karena setiap individu konsumen memiliki perilaku yang berbeda-beda dalam melakukan pembelian bahan bangunan.

Referensi

Alma buchari, 2012. Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep dan Strategi
Jakarta: Balai Pustka
Angipora, 2012. Manajemen Pemasaran, Edisi Kelima,
Cetakan Ketiga, Yogyakarta: STIE YKPN
Ghozali Imam, 2012. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, PT. Raja Grafindo Persada Jakarta
Gunawan, 2013. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: .Yayasan penerbitan Psikologi UGM
Kanuk, 2011. Manajemen Pelayanan umum di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.
Kotler, Philip. 2012 Marketing Mix seri ke empat. Jakarta : Penerbit Rajawali Spres
Kotler dan Keller. 2012 Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Jakarta : Penerbit Erlangga
Mowen, 2012. Practical Management Excellence. Jakarta : PT. vinchristo Publication
Mowon dan minor, 2012, Marketing Resect Development Seri Keempat Jakarta: Ghalia Indonesia
Pater dan olson, 2013, Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 Jakarta: Penerbit Erlangga
Ridho, 2013. Strategi Pemasaran. Jakarta : Seri Manajemen dan Usahawan Indonesia.
Samuel, 2014. Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta : Balai Pustaka
Sugiyono, 2012. Metode penelitian Kuantitatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sutisna, 2013. Pengantar Managemen Excellence. Jakarta : Penerbit PT. Publication
Swastha Basu, 2012. Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Yoeti 2012. Manajemen Pemasaran Internasional. Edisi Ke lima Jilid I Jakarta : Penerbit Erlangga
Tim Penyusun, 2023, Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi. LP3M Universitas Muhammadiyah Mamuju.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-27